Bisnis Paperless Tanda Tangan Elektronik

Tanda tangan elektronik juga bisa dikatakan salah satu bisnis paperless karena dengan pemanfaatan tanda tangan elektronik ini, tidak hanya meningkatkan efisiensi proses bisnis.

Tanda tangan elektronik juga mengamankan dokumen dan transaksi elektronik, namun juga lebih ramah lingkungan karena mengurangi penggunaan kertas (paperless).

 

 

Ekosistem Bisnis Paperless

 

 

Tanda Tangan Elektronik semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia, sejak dikeluarkannya PERMEN KOMINFO Tahun 2018. Selain isu tentang lingkungan yang sedang marak, isu pandemi covid-19 juga mendorong untuk diimplementasikan tanda tangan elektronik ini di lingkungan masing-masing perusahaan maupun di lingkungan pemerintahan. Semua orang mulai berlomba-lomba untuk mengurangi penggunaan plastik dan kertas, dan juga tentu saja bisa mengurangi kontak langsung yang bisa menyebarkan virus covid-19 lebih luas pada masa pandemi saat ini.

Semakin banyak kertas yang digunakan maka akan semakin banyak juga pohon yang akan ditebang, tentu saja ini sangat membahayakan ekosistem bumi, dan tidak mendukung program go green yang sudah disepakati bersama.

Dengan adanya tanda tangan elektronik maka dapat mengurangi penggunaan kertas karena semua proses tanda tangan dilakukan secara digital yaitu mulai dari penandatanganan hingga proses distribusinya. Tanda tangan elektronik ini memiliki fungsi dan kekuatan hukum yang sama dengan tanda tangan basah.

Gerakan yang saat ini juga marak digencarkan masyarakat yaitu Bisnis Paperless, karena dengan banyaknya penggunaan/pembuatan kertas akan mempengaruhi banyaknya jumlah penebangan pohon. Dengan adanya pemanasaan global juga menjadi sebuah masalah yang patut kita perhatikan.

Dengan adanya bisnis yang paperless apakah hanya bertujuan untuk menyelamatkan Lingkungan? Tentu saja TIDAK.

Selain bermanfaat untuk menyelamatkan lingkungan, prinsip peperless dalam bisnis terutama di perkantoran sangat banyak memberikan keuntungan atau manfaat bagi Perusahaan itu sendiri. Bisnis Paperless di kantor merupakan suatau gerakan yang perlu kita dukung dan kita terapkan. Dengan pemanfaatan tanda tangan elektronik mari bersama tingkatkan produktivitas perusahaan berbarengan memerangi pemanasan global.

Aplikasi tanda tangan elektronik

Untuk mempermudah dalam implementasi tanda tangan elektronik tentu saja dibutuhkan beberapa komponen yang saling mendukung, salah satunya dengan menggunakan aplikasi tanda tangan elektronik dan SERTISIGN hadir memberikan solusi yang bisa digunakan untuk membuat tanda tangan elektronik.

aplikasi-tanda-tangan-elektronik-di-palembang

Dengan semakin banyaknya penggunaan smartphone membuat banyak hal makin mudah dilakukan, termasuk menandatangani dokumen penting. Sekarang kamu cukup memasang aplikasi tanda tangan untuk melakukannya secara digital dan tidak perlu lagi harus menandatangani dokumen fisik.

Bisnis Paperless ini tentu sangat mendukung keberlangsungan usaha Anda, oleh karena itu perlu adanya penyesuaian dan model bisnis pada masing-masing sektor, serta peningkatan literasi dan awareness masyarakat untuk mendukung implementasi penggunaan digital teknologi di berbagai layanan masyarakat dan industri, khususnya penggunaan aplikasi tanda tangan elektronik.

Anda masih mencari Informasi TERBAIK tentang Bisnis Paperless? Apakah TTE ini penting bagi perusahaan Anda?

Yuk cari info mengenai bisnis paperless TTE lainnya! Langsung saja HUBUNGI kami.

Kami akan siap sedia memberikan Layanan yang terbaik.

Terima kasih dan salam Sehat!

× WhatsApp Kami