Tanda tangan elektronik tersertifikasi adalah sebuah solusi yang sangat berguna bagi kita yang seringkali kesulitan dalam menandatangani dokumen secara konvensional. Dengan menggunakan tanda tangan elektronik tersertifikasi, kamu dapat melakukan penandatanganan dokumen secara online dengan cepat dan efisien Namun ada kekhawatiran akan keaslian dan integritas akan tanda tangan elektronik serta dokumen elektronik.
Disinilah peran tanda tangan elektronik yang tersertifikasi menawarkan keandalan , keaslian dan juga original akan sebuah dokumen karena sebelum bisa dapat mengguanakan tanda tangan elektronik akan dilakukan proses sertifikasi dan verifikasi identitas oleh otoritas yang berwenang sehingga tanda tangan elektronik yang dibubuhkan sama kedudukannya dengan tanda tangan basah.
Contoh Tanda Tangan Elektronik Tersertifikasi
Tanda tangan elektronik yang menggunakan sertifikasi elektronik yang diterbitkan oleh Badan Sertfikasi (Certification Authority / CA) yang diakui oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam hal ini Kominfo sesuai dengan PP KOMINFO No 11 tahun 2022. Tanda tangan elektronik tersertifikasi digunakan untuk memastikan keaslian, integritas dan nirsangkal akan sebuah dokumen elektronik.
Salah satu proses yang harus dilakukan adalah Verifikasi identitas pemilik tanda tangan elektronik guna diterbitkannya sertifikat elektronik. Hal ini bertujuan untuk menjamin bahwa tanda tangan elektronik yang digunakan adalah milik orang yang berhak dan bukan dari pihak lain yang tidak sah.
Verifikasi identitas dilakukan dalam hal
- No NIK
- Nama
- Tempat dan tanggal lahir
- Biometrik
Hal ini mengacu akan data yang akan disandingkan dengan data dukcapil semua dilakukan secara online.
Berikut adalah proses penandatanganan dokumen dan contoh tanda tangan elektronik tersertifikasi:
- Dalam proses menandatangani dokumen elektronik langkah awal harus melakukan registrasi secara online dan wajib melakukan verifikasi identitas digital untuk penerbitan sertifikat elektronik ke PSrE Berinduk Kemkominfo.
- Langkah kedua setelah sertifikat elektronik terbit bisa langsung login ke platform tanda tangan untuk mengupload dokumen yang ingin ditandatangani sekaligus menentukan koordinat lokasi tanda tangan pada dokumen elektronik dan juga menetukan visual dari tanda tangan terdiri dari template nama, drawing, upload gambar tanda tangan.
- Setelah semua sudah ditentukan, lakukan proses signing dengan menginput email dan nomor telepon dan memasukan kode OTP yang dikirimkan ke HP pemilik sertifikat elektronik
- Setelah proses signing berhasil dokumen elektronik bisa langsung di download dan di verifikasi melalui adobe reader atau website kemkominfo.
- Berikut Contoh tanda tangan elektronik tersertifikasi yang bisa terlihat melalui signature panel adobe reader
Pembuatan dan penerbitan sertifikat tanda tangan elektronik
Setelah proses verifikasi identitas selesai Langkah selanjutnya adalah pembuatan dan penerbitan sertifikat tanda tangan elektronik. Sertifikat ini berfungsi sebagai bukti resmi bahwa sebuah identitas telah disahkan sebagai pemilik dari suatu tandatangan elektronik.
Pembuatan sertifikat dilakukan oleh badan tertentu yang memiliki kewenangan untuk menerbitkan sertifikat elektronik. Lembaga ini yang diakui oleh pemerintah dan memiliki keamanan serta integritas data yang baik.
Jika proses verifikasi identitas berjalan dengan baik maka sesuai dengan standar internasional maka akan diterbitkan sertifikat elektronik akan ada sepasang kunci publik (privat dan publik key)
Pada saat proses pembuatan dan penerbitan sertifikat tanda tangan elektronik, pastikan memilih penyedia layanan yang terpercaya agar sertifikat yang diterima benar-benar valid dan sesuai dengan hukum dan aturan yang berlaku di Indonesia
Keamanan tanda tangan elektronik tersertifikasi
Keamanan tanda tangan elektronik tersertifikasi sangatlah penting dalam dunia digital saat ini. Tanda tangan elektronik yang telah tersertifikasi dapat membuktikan keasliannya dan memiliki tingkat keamanan Dua faktor autentikasi (Two-Factor Authentication/TFA) yang mana dibutuhkan verifkasi dua langkah sebelum dapat membubuhkan tanda tangan secara elektronik pertama memasukan username dan password lalu input kode OTP.
Selain itu metode lainnya guna memastikan keamanan tanda tangan elektronik tersertifikasi adalah dengan teknologi kriptografi. Teknologi yang akan mengenkripsi data pada dokumen elektronik sehingga hanya pemilik kunci privat yang memiliki akses untuk membukanya.
Setiap penerbitan sertifikat juga dilakukan secara hati-hati dan cermat agar tidak terjadi penyalahgunaan atau pembajakan informasi pribadi.
Penggunaan tanda tangan elektronik tersertifikasi
Penggunaan tandatangan elektronik dapat membantu meningkatkan efisiensi karena tidak diperlukan lagi mencetak dan menandatangani secara manual dan menunggu individu untuk datang untuk melakukan tanda tangan. Dengan begitu waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan persetujuan atau otorisasi dari pihak lain bisa lebih cepat
Penggunaan tanda tangan elektronik tersertifikasi dapat di aplikasikan untuk setiap dokumen yang haruskan ditanda tangan dan memiliki kekuatan hukum yang sah beberapa dokumen penting yang bisa dibubuhkan tanda tangan elektronik.
- Kartu Keluarga
- Surat Perjanjian
- Ijazah
- Kontrak Kerja
- Suara Kuasa
- Surat Bisnis
- Faktur
- Invoice
- Dan lain-lain
Peluang dan Tantangan Tanda Tangan Elektronik Tersertifikasi
Peluang yang ditawarkan oleh tanda tangan elektronik tersertifikasi adalah mempercepat setiap proses bisnis, meningkatkan efisiensi, dan memberikan kepercayaan serta rasa aman dalam setiap transaksi online.
Serta menggunakan Lembaga penerbitan sertifikasi terpercaya, tanda tangan elektronik tersertifikasi dapat memastikan akan identitas pemilik tanda tangan, integritas dokumen, dan nirsangkal. Hal ini memberikan keuntungan bagi pihak-pihak yang terlibat dalam transaksi elektronik, termasuk perusahaan, pemerintah, dan konsumen, dengan mengurangi risiko kecurangan, pemalsuan, dan perselisihan.
Selain itu tantangan yang harus dihadapi adalah sosialisasi dan kesadaran akan keamanan digital harus mulai ditumbuhkan hal ini butuh banyak pihak yang terlibat mulai dari pemerintah selaku regulator dan masyarakat baik individu maupun lembaha sebagai pengguna.
Ekosistem digital yang baik akan menciptakan lingkungan yang aman, efisien dan handal bagi semua pihak.
SERTISIGN Penyedia Layanan Tanda Tangan Elektronik Tersertifikasi
Kami merupakan Perusahaan Teknologi yang menyediakan solusi e-signature bersertifikasi Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE), brand Kami SERTISIGN hadir dengan aplikasi yang sempurna. Selain memungkinkan Anda untuk tanda tangani dokumen secara elektronik, aplikasi ini juga menyediakan E-meterai, stempel digital dan visual QR Code dalam satu platform terpadu. Dapat diintegrasikan dengan sistem API, tersedia dalam versi web maupun mobile, disertai sistem penyimpanan cloud dan keamanan yang aman untuk melindungi anda dari cyber crime.
Tanda tangan elektronik dapat digunakan untuk transaksi dan dokumen elektronik, sehingga memudahkan Anda dalam menjalankan aktivitas bisnis. Sertisign menyediakan berbagai macam fitur dan layanan integrasi tanda tangan elektronik sesuai dengan kebutuhan Anda.
Jadi setelah mengetahui Contoh Tanda Tangan Elektronik Tersertifikasi. Apakah Perusahaan Anda Siap menggunakan dan mengintegrasikan platform Anda dengan Tanda Tangan Elektronik?Jika ya, Informasi detail Kontak Advisor Kami: 0811-8954-055 dan 0811-9564-055.
Dapatkan Unlimited Signing dan Free Verification dengan Segera berlangganan Layanan Kami di SERTISIGN. Tanda Tangan Dokumen di Manapun dan Kapanpun!!