Penyedia Segel Elektronik Resmi di Indonesia

Sekarang ini dengan semakin meningkatnya transaksi digital Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah membuat ‘segel’ dokumen elektronik berupa sertifikasi. Sertifikasi ini digunakan untuk menjamin sebuah dokumen digital tidak dimodifikasi dari aslinya. Sehingga, validitas dokumen digital bisa dipertanggung jawabkan keasliannya.

Berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 11 Tahun 2022, Segel Elektronik adalah data elektronik yang dilekatkan, terasosiasi, atau terkait dengan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik untuk menjamin asal, integritas, dan keutuhan dari Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang digunakan oleh Badan Usaha atau Instansi.

Preservasi Segel Elektronik adalah layanan yang menjamin kekuatan hukum Segel Elektronik dalam suatu Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik masih dapat divalidasi meskipun masa berlaku Sertifikat Elektroniknya habis.

Dengan semakin banyaknya penyalinan atau editing dokumen yang tidak sah maka Pemerintah saat ini menggandeng pihak swasta untuk mengeluarkan suatu sistem atau teknologi berupa Segel atau e-seal atau e-stamp dokumen. Segel elektronik ini disediakan oleh Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE). Segel atau e-seal Ini merupakan metode untuk memastikan dokumen yang sah, dengan memanfaatkan sertifikat digital maka dokumen elektronik akan sulit bisa diubah. Jika diubah, dokumennya bisa langsung rusak karena bisa dilihat langsung dari segelnya.

Sertifikat Elektronik untuk Segel Elektronik dapat memuat identitas orang perseorangan sebagai penanggung jawab dari Segel Elektronik.

Fungsi Segel Elektronik

Fungsi segel elektronik

  1. sebagai alat untuk menjamin bahwa Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik berasal dari suatu Badan Usaha atau Instansi yang valid dan benar.
  2. Menjamin keutuhan dan keautentikan dari suatu Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik.

Cara kerja Segel Elektronik

Dengan diterbitkanya sertifikat elektronik untuk setiap orang maka orang tersebut sudah terverifikasi, dan bukan lagi orang lain. Setiap orang yang menggunakan sertifikat elektronik untuk menandatangani dokumen maka begitu dilacak bisa diketahui siapa yang menandatangani dokumen, yang menerbitkan dan kapan ditandatanganinya.

Setiap sertifikat elektronik dan segel elektronik memiliki kunci verifikasi yang hanya dimiliki oleh pihak yang terlibat dalam kontrak. Kunci verifikasi ini tidak akan diketahui selain pihak yang terlibat itu

Salah satu pemanfaatan sertifikat elektronik yaitu untuk segel elektronik dan/atau tanda tangan elektronik. Segel elektronik ini berfungsi menggantikan proses verifikasi dokumen secara manual

Segel elektronik ini berfungsi sebagai persetujuan sebuah transaksi dan validasi dokumen. Segel elektronik ini memiliki fungsi yang sama dengan segel atau stemple biasa pada dokumen kertas biasa.

Di dalam segel elektronik terdapat kunci publik dan kunci privat yang dikeluarkan oleh sebuah badan yang bernama CA (Certification Authority) seperti VIDA.

Dengan segel berupa sertifikasi elektronik ini, dapat membuat pemerintahan dan bisnis jadi lebih efisien. Sebab, transaksi atau penandatanganan tetap bisa dilakukan tanpa harus bertatap muka. Tanda tangan dan dokumen yang ditandatangani pun tak mudah dipalsukan.

Di sisi lingkungan, tentu dokumen digital bisa menghemat penggunaan kertas yang digunakan sebagai dokumen. Oleh karena itu, Semuel yakin penggunaan kertas akan menurun drastis apabila penggunaan dokumen digital di administrasi pemerintahan dilakukan.

Memilih Vendor Segel Elektronik Resmi

Melalui Sistem Elektronik yang resmi, semua dokumen yang telah direncanakan akan memperoleh sertifikat elektronik berintegritas dan melekat ke identitas penandatangan. Segel elektronik maupun Penandatanganan Dokumen disertai dengan sistem 2-factor authentication dan bisa menjamin bahwa hanya pemilik identitas tersebut yang dapat menggunakan aplikasi tanda tangannya.

Berbagai kelebihan segel elektronik Kami bisa Anda peroleh. Apakah Anda Tertarik untuk mengetahui lebih detail segel elektronik? Cukup Kontak tenaga ahli kami melalui tombol WA di bawah ini dan daftarkan diri Anda untuk menikmati kemudahan tanda tangan elektronik sekarang juga!

EnglishIndonesian
× WhatsApp Kami Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday