Kelebihan Menggunakan E-Meterai Elektronik Peruri

Dimulai sejak tahun 2021, e-meterai yang dapat dibeli dan digunakan secara digital telah diterbitkan secara resmi, bukan meterai yang diprint bersama dokumen.

Kelebihan Menggunakan E-Meterai Elektronik Peruri
Kelebihan Menggunakan E-Meterai Elektronik Peruri

Kegiatan administratif dan bisnis membutuhkan meterai untuk legalisasi dokumen. Meterai adalah barang yang sangat penting, dan tidak semua orang atau perusahaan memiliki stok yang memadai untuk memenuhi semua kebutuhan. Meterai elektronik, juga dikenal sebagai e-meterai, telah muncul sebagai solusi. Sejak tahun 2021, e-meterai yang dapat dibeli dan digunakan secara digital telah diterbitkan secara resmi, bukan meterai yang diprint bersama dokumen. Mengapa penggunaan e-meterai menjadi semakin penting? Berikut Kelebihan Menggunakan E-Meterai Elektronik Peruri.

Kelebihan Menggunakan E-Meterai Elektronik Peruri

1. Pengarsipan Dokumen Elektronik

Jika dokumen sudah dibuat secara elektronik, mengapa perlu menghabiskan waktu untuk memprintnya hanya untuk menempelkan meterai? Dengan menggunakan e-meterai, seluruh proses dokumen didigitalkan. Setelah dokumen memiliki e-meterai dan tanda tangan digital, dokumen tetap disimpan di penyimpanan digital seperti Google Drive atau cloud lainnya. untuk memudahkan pencarian dokumen dan menghemat ruang penyimpanan fisik.

2. Kemudahan Akses dan Pengiriman

E-Meterai jauh lebih mudah dan cepat daripada meterai fisik yang stoknya habis. Selain itu, e-Meterai dapat digunakan dari mana saja selama ada internet, jadi sangat cocok untuk orang yang sangat mobilitas atau yang jauh dari lokasi pembelian. Selain itu, dokumen dapat diproses dengan mudah. Produksi dicapai dengan sedikit stres psikologis.

3. Kemudahan untuk Pengawasan dan Audit

Untuk mencegah pemalsuan dokumen, e-Meterai dan tanda tangan digital dilengkapi dengan fitur keamanan. Identitas penandatanganan dan waktu penandatangan dapat dilacak dalam fitur Audit Log. Hal ini sangat membantu bagi bisnis yang membutuhkan catatan audit untuk dokumen penting.

4. Menyederhanakan Proses Manajemen

Seringkali, follow-up adalah hal yang paling sulit dilakukan dalam proses administrasi. Tidak ada meterai di dokumen, sehingga pihak lain belum menandatanganinya. Akibatnya, kita malah tersita dengan dokumen tindak lanjut hanya karena waktu dan tenaga tidak cukup untuk menyelesaikan pekerjaan lain. E-Meterai telah terbukti mempermudah proses manajemen. Ini sangat bermanfaat bagi pihak yang terlibat karena mencegah emosi bergeser hanya karena proses administrasi tertunda.

5. Preparasi untuk Masa Depan Teknologi

Ketika dunia menjadi digital, jangan sampai bisnis kita terjebak dalam cara kerja manual. Perusahaan beradaptasi dengan teknologi untuk bersaing dalam hal produktivitas, profitabilitas, pengalaman konsumen, dan kepuasan karyawan. Banyak perusahaan gagal mengadopsi teknologi dengan baik. Mulai dari yang paling dasar, digitalisasi administrasi melalui e-Meterai, bisnis akan berada di titik awal yang baik untuk masa depan digital.

Cara Menggunakan Aplikasi SERTISIGN untuk Membeli E-Meterai

SERTISIGN menyediakan e-Meterai, yang dapat dibeli dan digunakan melalui aplikasi dan website SERTISIGN.

Cara untuk membeli:

  • Pastikan Anda telah membuka Aplikasi Web SERTISIGN melalui URL https://app.sertisign.id.
  • Kemudian, buka menu sisi dan pilih “Billing Manajemen”.
  • Di sana, Anda akan menemukan menu “Balance Manajemen” kemudian Klik  “Top Up Saldo” dan Pilih “E-Meterai”
  • Untuk Top Up e-Meterai Anda akan dibawa ke halaman pembayaran dan transfer serta upload bukti pembayaran untuk konfirmasi top up saldo
  • Setelah itu buka menu Token Manajemen  dan tombol “buy service”.
  • Masukan jumlah e-meterai yang akan dibeli lalu Klik Submit
  • Muncul Pop Up total rincian pembayaran e-meterai yang otomatis akan mengurangi saldo utama
  • E-Meterai siap digunakan untuk dibubuhkan dalam dokumen.

Metode penggunaan:

  • Setelah Anda mengunggah dokumen melalui fitur unggah atau scan, buka dokumen
  • pilih ikon “+” untuk menambahkan e-Meterai. Atur posisi e-Meterai pada dokumen.
  • Klik Sign E-Meterai.
  • Dokumen Sukses dibubuhkan E-Meterai dan siap di verifikasi di Web Kemkominfo atau Di Peruri

Itu mudah, bukan? Dapatkan e-Meterai gratis untuk pengguna baru dengan SERTISIGN sekarang.

Baca Juga: Perkembangan E-Meterai dalam Era Digitalisasi di Indonesia

SERTISIGN sebagai Platform Tanda Tangan dan e-Meterai Elektronik

SERTISIGN adalah solusi tanda tangan digital yang berlisensi dan berakar di bawah Kementerian Kominfo. Artinya, tanda tangan digital dan E-Meterai dari SERTISIGN memiliki keabsahan hukum yang sesuai dengan regulasi keamanan data dan identitas digital di Indonesia. Selain tanda tangan digital, SERTISIGN juga menyediakan e-meterai, templat dokumen, dan fitur scan dokumen untuk kemudahan seluruh proses pembuatan dokumen.

Yuk, Kontak SERTISIGN sekarang dan rasakan kemudahan tanda tangan dan pembubuhan e-meterai kapan saja, di mana saja!Anda dapat mengoptimalkan proses administratif, meningkatkan keamanan dokumen, dan meningkatkan efisiensi operasional dengan beralih ke solusi tanda tangan digital seperti SERTISIGN. Perubahan ini tidak hanya mempercepat proses tetapi juga memberikan keuntungan dalam hal akurasi dan keamanan, yang menciptakan dasar yang kokoh untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Tunggu apa lagi? Coba Sign bersama SERTISIGN sekarang juga! Segera kontak kami di crm@sertisign.id  WhatsApp Admin 1  +62811 8954 055 WhatsApp Admin 2  +62811 9564 055.