Keunggulan e-KYC Dalam Memverifikasi Identitas Kamu

Kamu pernah menghabiskan banyak waktu hanya untuk mengurus keperluan finansial di kantor cabang? Sebelumnya, proses KYC (Know Your Customer) yang melibatkan verifikasi identitas harus dilalui. Namun, sekarang semua itu dapat diselesaikan secara digital dengan e-KYC. Alhasil, transaksi finansial bisa dilakukan lebih cepat dan mudah!

Bandingkan Kelebihan dari e-KYC dengan KYC Konvensional

Proses KYC (Know Your Customer) adalah proses yang digunakan oleh perusahaan untuk memastikan bahwa mereka mengenali pelanggan terdaftar mereka, dan bahwa informasi tentang pelanggan pada catatan mereka benar dan lengkap. Proses ini juga digunakan untuk membantu perusahaan memenuhi persyaratan hukum tentang pencucian uang.

KYC

  • Perlu datang ke kantor cabang
  • Cetak dan salin dokumen yang diperlukan
  • Verifikasi untuk memastikan keabsahan dokumen dilakukan oleh manusia

Sedangkan e-KYC adalah cara mudah dan aman untuk memverifikasi identitas pelanggan secara online. Ini memungkinkan Anda untuk mengumpulkan informasi yang benar dan dapat diverifikasi tentang pelanggan dengan cepat, tanpa meminta mereka untuk datang ke cabang. Alat ini juga bermanfaat bagi para pengguna, karena tidak lagi harus menyerahkan dokumen asli saat melakukan proses verifikasi.

e-KYC

  • Bisa dilakukan di mana saja
  • Kirimkan dokumen dari perangkat elektronik Anda
  • Sistem melakukan proses verifikasi

Manfaat e-KYC untuk Dunia Keuangan dan Fintech

e-KYC adalah kependekan dari electronic know your customer. e-KYC adalah proses untuk mengidentifikasi pelanggan secara elektronik. Proses ini dilakukan dengan mengumpulkan informasi dasar tentang pelanggan, seperti nama, alamat, dan tanggal lahir. Informasi ini kemudian divalidasi dengan dokumen yang sesuai, seperti kartu identitas atau paspor.

e-KYC memiliki banyak manfaat bagi dunia keuangan dan fintech. Pertama, proses ini lebih cepat dan mudah daripada proses konvensional. Kedua, e-KYC dapat dilakukan secara online, yang berarti pelanggan tidak perlu datang ke bank atau kantor untuk menyelesaikan prosesnya. Ketiga, e-KYC juga mengurangi biaya operasional bank atau perusahaan fintech. Karena prosesnya lebih cepat dan mudah, bank atau perusahaan fintech tidak perlu menyediakan petugas khus us untuk menangani proses KYC. Keempat, e-KYC juga dapat digunakan untuk memenuhi persyaratan hukum dan regulasi yang berlaku. Proses ini memungkinkan bank atau perusahaan fintech untuk mematuhi standar kepatuhan yang ketat tanpa harus melalui proses konvensional yang lebih lama.

Bagaimana Kerja e-KYC?

e-KYC biasanya mencakup tiga langkah utama: (1) pengumpulan data pengguna, (2) verifikasi data pengguna, dan (3) konfirmasi identitas pengguna. Pengumpulan data pengguna dilakukan dengan mengisi formulir online atau menyediakan dokumen tertentu seperti KTP atau paspor. Verifikasi data pengguna melibatkan pemeriksaan kebenaran dan validitas data yang diberikan oleh pengguna. Konfirmasi identitas pengguna dilakukan dengan membandingkan informasi yang diberikan oleh pengguna dengan database resmi seperti KTP Elektronik atau Dokumen Nasional Pencari Kerja.

Kesimpulan

Berdasarkan data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, pengguna internet di Indonesia pada September 2019 telah mencapai 168,5 juta orang. Jumlah ini diprediksi akan terus bertambah seiring dengan semakin canggihnya teknologi dan semakin mudahnya akses internet di berbagai daerah. Hal ini menunjukkan bahwa potensi pasar untuk layanan keuangan digital sangat besar.

E-KYC (Electronic Know Your Customer) adalah sebuah proses yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan verifikasi identitas secara online. Proses ini biasanya dilakukan oleh perusahaan yang menyediakan layanan keuangan digital, seperti e-wallet atau bank digital. Dengan e-KYC, pelanggan hanya perlu mengirimkan beberapa dokumen seperti KTP atau SIM via aplikasi/website perusahaan, tanpa perlu datang langsung ke kantor cabang. Proses verifikasi pun bisa dilakukan dalam hitungan detik, sehingga menghemat waktu dan biaya.

E-KYC telah menjadi salah satu solusi untuk memudahkan akses layanan keuangan digital bagi masyarakat Indonesia. Dengan proses verifikasi cepat dan sederhana, para pemilik e-wallet atau bank digital dapat lebih mudah menggunakan layanan mereka tanpa harus melalui proses verifikasi yang lama dan berbelit-belit.

SERTISIGN menawarkan layanan e-KYC yang berkualitas untuk memastikan verifikasi identitas pengguna dengan akurat. Ingin mempelajari lebih lanjut tentang e-KYC? Klik di sini atau hubungi tim kami untuk mendapatkan konsultasi lebih jauh tentang hal itu.

Kantor SERTISIGN – Jepe9 Building Jakarta Selatan


SERTISIGN – PT AGARA CIPTA MANDIRI
Jepe9 Building – Jakarta Selatan
Telp. 021-7815-328
WhatsApp +62 811-8954-055
WhatsApp +62 811-9564-055

Leave a Comment

EnglishIndonesian
× WhatsApp Kami Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday