Memilih Vendor Tanda Tangan Digital yang Terbaik

Menandatangani dokumen secara digital telah menjadi alat komunikasi yang sangat berguna untuk bisnis modern. Tapi dengan begitu banyak vendor tanda tangan digital di luar sana, bagaimana Anda memilih yang tepat untuk bisnis Anda? Temukan jawabannya dalam artikel ini, di mana kami akan memberi tahu Anda tentang vendor tanda tangan digital terbaik dan disertifikasi di Indonesia.

Apa itu Tanda Tangan Digital?

Tanda tangan digital adalah salah satu cara untuk mengidentifikasi diri secara online. Tanda tangan digital bisa digunakan untuk berbagai hal, seperti menandatangani dokumen, melakukan pembayaran, dan lainnya.

Untuk membuat tanda tangan digital tersertifikasi, Anda perlu menggunakan aplikasi yang disebut penandatangan (signer) yang sudah terkoneksi dengan Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) yang sudah berinduk ke KEMENKOMINFO.

Pada mulanya PSrE sebagai Badan Penerbit Tanda Tangan Digital akan meminta Anda untuk memasukkan atau mendaftarkan diri identitas digital atau sertifikat elektroniknya informasi seperti nama, alamat email, dan nomor telepon, dan lain-lain. Kemudian, setelah identitas digital Anda terbit, Anda akan diminta untuk menyertakan visual/salinan tanda tangan Anda. Setelah semua informasi diisi, Anda tinggal masuk dalam sistem atau aplikasi tanda tangan digital, kemudian mengunggah dokumen Anda yang akan ditandatangani, dan menentukan koordinat atau letak visual tanda tangan Anda pada dokumen. Selanjutnya Anda tinggal submit dimana sistem aplikasi tanda tangan digital akan memberikan Anda sebuah kode unik yang harus diinput sebagai autentikasi dalam menandatangani dokumen secara elektronik.

Mengapa Anda Memerlukan Tanda Tangan Digital?

Masa lalu, tanda tangan fisik telah menjadi syarat utama untuk menyelesaikan sebagian besar transaksi bisnis. Namun, dengan kemajuan teknologi, tanda tangan digital telah menjadi alternatif yang semakin populer untuk tanda tangan fisik.

Tanda tangan digital memungkinkan Anda untuk menandatangani dokumen secara online, yang sangat nyaman dan praktis, dan bisa di lakukan dimana saja dan kapan saja. Selain itu, tanda tangan digital juga dapat memberikan perlindungan hukum yang lebih baik daripada tanda tangan fisik.

Bagaimana Cara Memilih Vendor Terbaik yang Menyediakan Tanda Tangan Digital?

Banyak vendor tanda tangan digital yang tersedia saat ini, dan memilih vendor yang terbaik untuk bisnis anda dapat menjadi sebuah tantangan. Oleh karena itu, di sini kami akan memberikan beberapa tips yang dapat membantu anda dalam memilih vendor tanda tangan digital yang terbaik:

  • Pastikan untuk melakukan sejumlah penelitian tentang setiap vendor sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan mereka. Baca ulasan online, lihat portofolio mereka, dan pastikan untuk menghubungi mereka langsung untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.
  • Tentukan budget anda dan pastikan bahwa vendor yang anda pilih dapat menyediakan solusi tanda tangan digital yang sesuai dengan budget anda. Jangan ragu untuk menanyakan detail harga kepada vendor sebelum membuat keputusan.
  • Jika possible, mintalah rekomendasi dari rekan atau kolega anda yang telah berhasil menggunakan Vendor tanda tangan digital beserta dukungan layanan vendor tersebut.

Baca juga: Vendor Tanda Tangan Elektronik

Keuntungan Menggunakan Layanan Tanda Tangan Digital

Sebagai bisnis, Anda tentu ingin menyediakan solusi yang mudah dan efisien bagi pelanggan Anda. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan layanan tanda tangan digital. Vendor tanda tangan digital dapat membantu Anda dalam mengimplementasikan sistem tanda tangan digital untuk bisnis Anda. Selain itu, vendor juga dapat memberikan berbagai keuntungan bagi bisnis Anda, seperti:

Beberapa Keuntungan atau manfaat Tanda Tangan Digital
  1. Solusi yang mudah dan efisien
    Layanan tanda tangan digital dapat mempermudah proses transaksi antara Anda dan pelanggan Anda. Tidak perlu lagi mencetak dokumen dan mendistribusikannya kepada pelanggan. Cukup gunakan aplikasi tanda tangan digital, semua orang dapat menandatangani dokumen secara online, di mana pun mereka berada. Ini sangat cocok untuk bisnis yang melayani pelanggan online atau jarak jauh.
  2. Solusi yang ramah lingkungan
    Apakah ada hubungannya dengan TTE tersertifikasi? Ya, tentunya ada. Jika dulu kamu perlu berlembar-lembar kertas untuk tanda tangan basah atau sangat tidak ramah lingkungan, kini kamu hanya perlu téken dokumen elektronik melalui gadget sehingga pemakaian kertas berkurang.
  3. Solusi yang aman dan terjamin
    Para PSrE Indonesia telah memiliki fitur keamanan tinggi yang menjamin keautentikan, keutuhan, dan nirsangkal. Jadi, dokumen elektronik yang menggunakan Tanda Tangan Elektronik tersertifikasi akan terjamin keasliannya. Jika terjadi perubahan pada dokumen tersebut, maka TTE tersertifikasi yang tercantum tersebut tidak lagi sah. Hal ini dapat menghindarkan dari pihak tidak berwenang yang ingin memodifikasi data.
  4. Solusi yang memiliki Kekuatan Hukum Setara dengan Tanda Tangan Basah
    Saat memiliki TTE tersertifikasi, pemilik tanda tangan telah memenuhi keabsahan, kekuatan hukum dan akibat hukum Tanda Tangan Elektronik sebagaimana diatur dalam Pasal 11 ayat (1) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Selain UU ITE, TTE tersertifikasi juga diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PP PSTE) dan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 11 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Sertifikasi Elektronik. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan kekuatan hukum dari TTE tersertifikasi
  5. Solusi yang hemat biaya pengeluaran
    Jika telah memiliki TTE tersertifikasi, tidak perlu lagi memikirkan biaya anggaran berlebih karena yang dibutuhkan hanya koneksi internet dan perangkat keras seperti komputer dan telepon pintar (smartphone). Contohnya saat Direktorat Jenderal Kependudukan pencatatan sipil (Ditjen Dukcapil)menjalankan program ”Dukcapil Go Digital”. Sejak adanya program tersebut, penandatanganan dokumen kependudukan, seperti Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran dilakukan secara elektronik/online. Disdukcapil bahkan menghemat anggaran sekitar Rp450 Miliar di tahun 2020. Penghematan tersebut berasal dari pemotongan biaya penggunaan kertas khusus security printing berhologram yang diganti dengan pencetakan dokumen mandiri oleh masyarakat.
Apa yang Harus Dipertimbangkan Ketika Memilih Vendor Tanda Tangan Digital?

Pertimbangan utama ketika memilih vendor tanda tangan digital adalah keamanan data. Vendor yang anda pilih harus dapat menjamin kerahasiaan data anda. Selain itu, vendor yang anda pilih harus dapat memberikan jaminan uptime sehingga anda dapat mengakses data kapan saja dan dimana saja.

Vendor Tanda Tangan Digital terbaik di Indonesia biasanya memiliki proses pendaftaran yang sangat mudah dan sederhana. Pertama-tama, buka situs web resmi vendor tersebut dan mulailah untuk Daftar.

Jika Anda ingin konsultasi tentang Vendor Tanda Tangan DIgital silahkan Hubungi Kami PT. AGARA CIPTA MANDIRI Telp. 021-7815-328 / Sales 0811-8954-055

EnglishIndonesian
× WhatsApp Kami Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday