Fungsi E-Meterai Dalam Surat Perjanjian, Surat perjanjian merupakan dokumen penting yang digunakan untuk mencatat dan menjamin kesepakatan antara dua pihak. Dalam surat perjanjian, E-Meterai sering diperlukan untuk memvalidasi dan menegaskan keabsahan isi surat itu sendiri. Mari kita pelajari lebih lanjut tentang apa itu E-Meterai dan bagaimana cara kerjanya.
Apa Itu E-Meterai ?
E-Meterai adalah sejenis meterai elektronik yang diterbitkan oleh Kementerian Keuangan dan digunakan untuk membuat dokumen legal secara online. Meterai ini sama dengan meterai fisik yang diterbitkan oleh Kantor Pos, tetapi hanya tersedia dalam bentuk elektronik. Untuk menggunakan E-Meterai, Anda perlu memiliki akun di website Kementerian Keuangan dan mendaftarkan nomor telepon Anda. Anda juga harus menyiapkan uang untuk membayar meterai tersebut.
Fungsi Dari E-Meterai
E-meterai adalah sebuah alat yang digunakan untuk memvalidasi keaslian surat perjanjian. E-Meterai juga dapat menentukan apakah suatu surat perjanjian telah ditandatangani oleh semua pihak yang terlibat. Selain itu, E-Meterai juga dapat memberikan kesaksamaan pada isi dari sebuah surat perjanjian sehingga semua pihak yang terlibat dapat mengikuti isi dari surat perjanjian tersebut dengan mudah.
Bagaimana Cara Memasang E-Meterai Pada Surat Perjanjian?
Berikut adalah langkah / cara untuk memasang E-Meterai. Yaitu sebagai berikut :
- Pertama, buka surat perjanjian yang akan diberi E-Meterai. Jika surat perjanjian tersebut masih dalam bentuk soft copy (berbentuk file digital), buka file tersebut dengan program Word atau software sejenis.
- Selanjutnya, temukan tempat dimana Anda ingin menempelkan E-Meterai. Biasanya, meterai ditempelkan di bagian tengah atau ujung kiri halaman surat perjanjian. Jika Anda tidak menemukan tempat yang tepat untuk menempelkannya, Anda bisa menambahkan kolom baru di salah satu bagian sudut surat perjanjian untuk menempatkan meterai.
- Setelah itu, ambil E-Meterai dan letakkan di atas area yang sudah Anda tentukan sebelumnya. E-meterai biasanya dilengkapi dengan lembaran kertas berwarna putih yang digunakan sebagai alasnya.
Cara Mendapatkan E-Meterai Dan Dimana Membelinya ?
E-Meterai adalah selembar stiker yang digunakan untuk menutup amplop. Biasanya, E-Meterai ditempelkan di bagian atas amplop sebelum dikirim. Fungsi utama E-Meterai adalah untuk memberitahu penerima bahwa surat yang dikirim memiliki biaya tertentu yang harus dibayarkan sebelum surat tersebut dibuka. Selain itu, E-Meterai juga sering digunakan sebagai alat untuk mengumpulkan data statistik dan informasi demografi tentang para pengguna layanan pos.
Untuk mendapatkan E-Meterai, Anda harus pergi ke kantor Pos terdekat. Di sana, Anda akan menemukan petugas yang akan membantu Anda mendapatkan E-Meterai yang Anda butuhkan.
SERTISIGN Sebagai PSE Terpercaya untuk Pembubuhan E-Meterai di Surat Perjanjian
SERTISIGN hadir dengan aplikasi yang sempurna. Selain memungkinkan Anda untuk tanda tangani dokumen secara elektronik yang memiliki Penanda Waktu Elektronik. SERTISIGN selain sebagai Integrator dan Implementor Pembubuhan e-Meterai dan Digital Signature di Indonesia juga sebagai Perusahaan Penyedia Autentikasi Situs Web untuk Perusahaan di Indonesia yang terhubung ke PSrE. Aplikasi SERTISIGN juga menyediakan TTE, E-meterai, stempel digital dan visual QR Code dalam satu platform terpadu. Dapat diintegrasikan dengan sistem API, tersedia dalam versi web maupun mobile, disertai sistem penyimpanan cloud dan keamanan yang aman untuk melindungi anda dari cyber crime.
Jadi, Apakah Anda mencari informasi terkait Dokumen Yang Menggunakan Meterai Elektronik? Jika ya, Untuk kenyamanan, Anda dapat mengandalkan SERTISIGN untuk mendapatkan dokumen yang tetap aman setiap saat dan memiliki Penanda Waktu Elektronik. Hal ini pastinya akan mempermudah proses tanda tangan elektronik dan melacak dokumen elektronik Anda. Segera kontak kami di crm@sertisign.id WhatsApp Admin 1 +62811 8954 055 WhatsApp Admin 2 +62811 9564 055.