Kenapa Karyawan Harus Menggunakan Tanda Tangan Elektronik?

Dengan pekerjaan sebanyak itu, masih perlu menyelesaikan tugas administratif yang menguras waktu? Mungkin sekarang adalah saatnya untuk beralih ke tanda tangan online.

Kenapa Karyawan Harus Menggunakan Tanda Tangan Elektronik?
Kenapa Karyawan Harus Menggunakan Tanda Tangan Elektronik?

Dengan pekerjaan sebanyak itu, masih perlu menyelesaikan tugas administratif yang menguras waktu? Untuk membuat proses administratif lebih mudah dan tidak mengganggu pekerjaan operasional, mungkin sudah waktunya untuk beralih ke membuat tanda tangan online.

Tanda tangan online telah dikenal sebagai tanda tangan digital oleh dunia bisnis. Tanda tangan jenis ini sebenarnya sudah ada sejak lama, tetapi sekarang lebih banyak digunakan sejak pekerjaan dilakukan secara online. Untuk tanda tangan dokumen digital, orang biasanya menggunakan aplikasi edit foto online. Itu benar. Namun, apakah membuat tanda tangan secara online aman untuk dokumen yang sangat penting? Apakah ada ancaman terhadap keamanan dokumen?

Saat ini, tanda tangan online dianggap memiliki keabsahan yang sama dengan tanda tangan fisik untuk mengunci dokumen. Sayangnya, itu salah. Tanda tangan digital yang sah tidak dapat dibuat sembarangan.

Pengertian Tanda Tangan Elektronik yang Sah dan Tersertifikasi 

Tanda Tangan Elektronik memiliki dua jenis, yakni Tanda Tangan Elektronik Tersertifikasi dan Tanda Tangan Elektronik biasa (tidak tersertifikasi). Masyarakat biasa menyebut TTE Tersertifikasi dengan Tanda Tangan Digital. Lalu, apa bedanya kedua jenis tanda tangan tersebut?

Tanda Tangan Elektronik Tersertifikasi (Tanda Tangan Digital) dan Tanda Tangan Elektronik Tidak Tersertifikasi sama-sama memenuhi ketentuan UU ITE No 11 tahun 2008. Perbedaannya, Tanda Tangan Elektronik Tersertifikasi (Tanda Tangan Digital) memuat Sertifikat Elektronik sehingga tingkat keamanannya lebih tinggi, sedangkan Tanda Tangan Elektronik Tidak Tersertifikasi tidak memuat Sertifikat Elektronik.

VIDA Sign App menyediakan dua pilihan jenis tanda tangan ini dengan nama sebagai berikut:

  • Tanda Tangan Elektronik Tidak Tersertifikasi (E-Sign): Tanda tangan digital untuk dokumen internal yang tidak membutuhkan keamanan ketat.
  • Tanda Tangan Elektronik Tersertifikasi (Digital Sign): Tanda tangan digital untuk dokumen eksternal yang membutuhkan keamanan ketat. Biasanya untuk mencegah dokumen dari pemalsuan. Jika dokumen dengan tanda tangan digital ini diunggah ke dalam https://tte.kominfo.go.id/verifyPDF, akan terlihat bahwa dokumen tersebut sudah memiliki Sertifikat Elektronik berisi identitas valid penandatangan.

Kenapa Karyawan Harus Menggunakan Tanda Tangan Elektronik?

1. Efisiensi Waktu dan Tenaga

Salah satu teori produktivitas yang relevan adalah Teori Efisiensi oleh Frederick Winslow Taylor. Teori ini menekankan pentingnya meningkatkan efisiensi di tempat kerja untuk meningkatkan produktivitas. Dengan membuat tanda tangan online atau digital, karyawan dapat menghemat waktu yang sebelumnya tersita untuk mencetak, mengirim, dan menyimpan dokumen fisik. Dengan beberapa klik, tanda tangan dapat ditambahkan ke dokumen secara instan.

2. Penghematan Biaya dan Sumber Daya

Tidak hanya efisiensi untuk diri sendiri, membuat tanda tangan online atau digital juga sebagai bentuk memaksimalkan penggunaan sumberdaya yang terbatas. Dalam konteks ini, tanda tangan digital dapat memangkas biaya yang terkait dengan pencetakan, pengiriman, dan penyimpanan dokumen fisik. Selain itu, meminimalisir penggunaan kertas juga berkontribusi pada pelestarian lingkungan.

3. Kolaborasi dan Fleksibilitas

Penggunaan dokumen digital memungkinkan kolaborasi yang fleksibel antar tim. Contoh kolaborasi ini adalah meninjau, mengedit, dan mendiskusikan dokumen bersama-sama. Ditambah dengan tanda tangan digital, karyawan dapat dengan mudah berkolaborasi dengan rekan kerja, klien, atau mitra bisnis di mana saja, kapan saja. Tidak harus bertatap muka untuk menjalankan pekerjaan-pekerjaan kolaboratif.

4. Mengurangi Beban Mental

Pulang kantor tapi masih terbebani karena dokumen belum ditandatangani atasan? Pasti rasanya tidak nyaman. Membuat tanda tangan online atau beralih ke tanda tangan digital dapat membantu mengurangi beban mental. Karyawan tinggal mengirimkan dokumen ke platform tanda tangan digital dan menunggu untuk ditandatangani. Waktu istirahat bebas dari tugas-tugas administratif yang membebani.

5. Membangun Reputasi Perusahaan

Di zaman serba digital, ikut menjadi bagiannya tentu akan menjadi reputasi yang bagus bagi klien atau mitra bisnis. Terlebih, membuat tanda tangan online di platform tanda tangan digital terpercaya seperti SERTISIGN telah terbukti aman dan sah. Jika perusahaan kita menunjukkan keseriusan untuk menjaga keamanan dokumen, maka mitra bisnis akan melihat bahwa kita juga menjaga keamanan untuk hal-hal lainnya.

Baca Juga: Manfaat Tanda Tangan Elektronik untuk Keamanan Data Konsumen

Membuat tanda tangan online bukan hanya tentang mengikuti tren teknologi, tetapi juga tentang meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya, dan mengurangi beban mental karyawan. Dengan mempertimbangkan teori-teori produktivitas seperti efisiensi, penghematan sumber daya, kolaborasi, dan mengurangi beban mental, beralih ke tanda tangan digital adalah revolusi produktivitas yang bijak yang  bagi karyawan dan bisnis.

Kesimpulan

Tanda tangan digital membawa manfaat signifikan untuk keamanan data konsumen. Dengan mengetahui cara membuat tanda tangan digital yang tepat, perusahaan dapat meningkatkan perlindungan informasi konsumen, membangun kepercayaan, dan merampingkan proses bisnis secara efisien di era digital ini. Dengan menggabungkan keamanan teknologi tanda tangan digital dengan langkah-langkah pencegahan lainnya, SERTISIGN memberikan lingkungan yang aman dan andal bagi konsumen untuk berinteraksi dan melakukan transaksi secara digital.

Jadi, Apakah Anda ingin tahu lebih details Kenapa Karyawan Harus Menggunakan Tanda Tangan Elektronik?? Jika ya, Untuk kenyamanan, Anda dapat mengandalkan SERTISIGN  untuk mempercepat proses dan memastikan keakuratan saat proses E-Meterai dan Tanda Tangan Elektronik untuk Perusahaan. Kami sebagai Penyedia E-Meterai dan Tanda Tangan Elektronik untuk UMKM Terpercaya di Indonesia siap memberikan layanan TERBAIK Kami

SERTISIGN adalah platform tanda tangan elektronik yang telah tersertifikasi sebagai PSE yang terkoneksi ke Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) di bawah naungan Kementerian Kominfo. SERTISIGN menawarkan kemudahan tanda tangan yang aman sekaligus mengurangi risiko pemalsuan, pencurian, dan kerusakan dokumen. Daripada capek di-PHP bos, lebih baik membuat tanda tangan online di SERTISIGN.

Yuk, pakai SERTISIGN untuk pekerjaanmu! Ngejar-ngejar tanda tangan bos sudah nggak zaman! Tunggu apa lagi? Coba Sign bersama SERTISIGN sekarang juga! Segera kontak kami di crm@sertisign.id  WhatsApp Admin 1  +62811 8954 055 WhatsApp Admin 2  +62811 9564 055.