Beda Tanda Tangan Elektronik vs Tanda Tangan Konvensional

SERTISIGN - Perbandingan Tanda Tangan Elektronik vs Tanda Tangan Konvensional

SERTISIGN – Apakah lebih baik menggunakan tanda tangan elektronik atau konvensional? Tentu saja memilih tanda tangan digital, karena saat ini banyak perusahaan yang mulai mengadopsi penggunaan tanda tangan digital dan Anda mungkin ingin tahu mana yang lebih aman. Artikel berikut memberikan Perbedaan Tanda Tangan Elektronik vs Tanda Tangan Konvensional.

SERTISIGN - Perbandingan Tanda Tangan Elektronik vs Tanda Tangan Konvensional
SERTISIGN – Perbandingan Tanda Tangan Elektronik vs Tanda Tangan Konvensional

Latar Belakang Penggunaan Tanda Tangan Elektronik

Penggunaan e-signature semakin meningkat dalam rangka menerapkan digitalisasi untuk membuat perusahaan paperless. Mereka harus menandatangani berbagai dokumen setiap hari mulai dari kontrak legal hingga faktur penjualan. Salah satu contohnya adalah seorang sales di perusahaan asuransi yang telah mengakui bahwa ia menghabiskan 65% dari waktu kerjanya untuk memproses dan menandatangani ratusan kesepakatan premi dengan nasabah.

Tanda tangan digital membantu otomatisasi proses penandatanganan dokumen, sehingga meningkatkan efisiensi bagi mereka yang harus memberikan otorisasi atau persetujuan, seperti manajemen puncak perusahaan, tim keuangan, dan tim hukum. Dengan cara ini, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan tahapan-tahapan tersebut akan berkurang signifikan.

Menurutnya, e-signature sangat bermanfaat bagi para pelaku bisnis yang membutuhkan proses berbagai dokumen dari hari ke hari. Ini mencakup industri ritel, hospitality, pendidikan, serta berbagai layanan profesional seperti konsultan, B2B dan teknologi.

Manfaat dari penggunaan tanda tangan elektronik

1. Anda dapat menanda tangani banyak dokumen hanya dengan satu klik.

Dengan E-signature, Anda dapat menandatangani puluhan dokumen secara sekaligus dan dengan cepat. Aplikasinya bisa menangani dokumen dalam berbagai format, mulai dari PDF, Word, JPG, Text hingga PNG.

Sebuah contoh adalah, salah satu pemasok alat kesehatan yang berhasil meningkatkan tingkat penyelesaian persetujuan kerjasama sebanyak 42% setelah menggunakan tanda tangan elektronik.

2. Tidak perlu khawatir menemukan seseorang untuk menandatangani dokumen.

Dengan aplikasi e-signature, proses penandatanganan tidak pernah semudah ini. Notifikasi otomatis akan mengingatkan orang yang terlibat untuk menandatangani dokumen sebelum tenggat waktu. Selain itu, aplikasi juga memungkinkan semua orang untuk langsung melihat proses pengajuan tanda tangan, membuatnya lebih mudah dan efisien.

3. Anda tidak perlu mengirimkan dokumen

Solusi e-signature dapat menghemat biaya kirim untuk Anda. Pembubuhan tanda tangan dapat dilakukan secara online dan dokumen bisa dikirimkan secara massal. Hal ini sangat membantu perusahaan yang harus mengirim berbagai kontrak atau faktur penjualan ke pelanggan dan penyuplai.

4. Keamanan dan kerahasiaan dijamin

Aplikasi e-signature memiliki banyak keunggulan yang memastikan bahwa dokumen terlindungi dan hanya dapat diakses oleh orang yang berwenang. Fitur seperti jejak audit merekam perubahan yang dilakukan pada dokumen secara rinci agar aman. Pastikan juga bahwa aplikasi e-signature sudah memiliki sertifikat Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) untuk menjamin sah dimana tanda tangan diberikan.

5. Tanda tangan kapan pun dan di mana pun Anda berada.

Dengan tren hybrid work yang berkembang, proses tanda tangan tetap dapat dilakukan karena penanda tangan tidak harus hadir di kantor. Begitu perusahaan dan bisnis merasakan manfaat dari e-signature, mereka akan terdorong untuk mengadopsi teknologi pengaturan dokumen yang lebih canggih sehingga mereka secara bertahap mendigitalisasi pemrosesan dan penyimpanan semua dokumen.

Baca Juga: SERTISIGN – Kelebihan dan Kelemahan Tanda Tangan Elektronik

SERTISIGN Penyedia Layanan Tanda Tangan Elektronik Tersertifikasi

Kami merupakan Perusahaan Teknologi yang menyediakan solusi e-signature bersertifikasi Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE), brand Kami SERTISIGN hadir dengan aplikasi yang sempurna. Selain memungkinkan Anda untuk tanda tangani dokumen secara elektronik, aplikasi ini juga menyediakan E-meterai, stempel digital dan visual QR Code dalam satu platform terpadu. Dapat diintegrasikan dengan sistem API, tersedia dalam versi web maupun mobile, disertai sistem penyimpanan cloud dan keamanan yang aman untuk melindungi anda dari cyber crime.

Tanda tangan elektronik dapat digunakan untuk transaksi dan dokumen elektronik, sehingga memudahkan Anda dalam menjalankan aktivitas bisnis. Sertisign menyediakan berbagai macam tanda tangan elektronik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jadi setelah mengetahui tentang SERTISIGN – Perbedaan Tanda Tangan Elektronik vs Tanda Tangan Konvensional? Apakah Perusahaan Anda Siap mengintegrasikan platform Anda dengan Tanda Tangan Elektronik. Informasi detail Kontak Advisor Kami: 0811-8954-055.

ALAMAT SERTISIGN: Jepe9 Building, Jl. Raya Ragunan No.9, Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12540

Bisnis Penyelenggara Sertifikasi Elektronik Berinduk KEMKOMINFO

 

 

1 thought on “Beda Tanda Tangan Elektronik vs Tanda Tangan Konvensional”

  1. Pingback: Fungsi Enkripsi & Kriptografi – Meningkatkan Keamanan TTE

Comments are closed.

× WhatsApp Kami Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday