Cara Membuat Tanda Tangan Digital untuk Bisnis

Sekarang, tanda tangan digital sudah menjadi cara yang lebih mudah dan efisien untuk mensahkan sebuah dokumen daripada menggunakan tanda tangan basah konvensional. Tanda tangan digital juga telah terbukti sah dan bernilai hukum di Indonesia. Jadi, bagaimanakah Cara Membuat Tanda Tangan Digital untuk Bisnis? Simak penjelasannya di bawah ini!

Bagaimana Cara Membuat Tanda Tangan Digital untuk Keperluan Bisnis?

Di era digital saat ini, semua transaksi bisnis bisa dilakukan dengan mudah dan cepat hanya dengan satu klik. Pelanggan tidak perlu lagi memasukkan nomor rekening tujuan, nominal, upload struk atau screenshot sebagai bukti transfer. Mereka hanya perlu menggunakan akun virtual yang dapat diproses dengan satu langkah saja.

Akun rekening virtual, seperti Midtrans, memudahkan proses pembayaran dengan cara memberikan nomor ID kepada penjual. Pelanggan hanya perlu menggunakan nomor ID ini melalui ATM, mobile banking atau internet banking untuk melakukan pembayaran yang lebih efisien.

Selain virtual account, tanda tangan digital pun menjadi populer di era work from home ini. Pembuatan dokumen bisnis pun bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah dan cepat. Ini membuat rutinitas pekerjaan tentang pengaturan dokumen berjalan lebih efisien dan praktis.

Cara Membuat Tanda Tangan Digital untuk Bisnis

Memahami Perlindungan Perjanjian Digital

Tanda tangan digital merupakan goresan virtual dari tanda tangan atau simbol yang dirancang untuk secara virtual mendapatkan persetujuan atau mengesahkan dokumen bisnis. Ia memiliki fungsi yang sama dengan tanda tangan konvensional.

Keabsahan tanda tangan digital diakui oleh undang-undang di Indonesia dan segel hukum terjamin. Kekuatan hukum untuk menerima dan mengatur penggunaan tanda tangan digital disediakan melalui UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, serta PP Nomor 71 Tahun 2019 tentang PSTE.

Manfaat Menggunakan Tanda Tangan Digital untuk Kebutuhan Bisnis

Gunakan tanda tangan digital untuk mendapatkan berbagai manfaat, seperti meningkatkan efisiensi proses, mengurangi biaya dan waktu yang terbuang saat menandatangani dokumen secara manual, serta memastikan data yang tersimpan benar.

Baca Juga: Cara Membuat Tanda Tangan Digital di HP dengan Cepat

  • Cepat, efisien dan hemat energi

Menandatangani dokumen secara digital adalah solusi prinsip yang membuat proses lebih cepat, sederhana dan efisien. Anda hanya perlu menempatkan tanda tangan pada file dokumen yang telah diunggah dan mengirimkan kembali kepada pihak yang bersangkutan. Ini juga sangat praktis ketika para pihak penandatangan berada jauh dengan satu sama lain sehingga tidak perlu memusingkan diri untuk mengirim dokumen melalui pos tradisional.

  • Lebih aman relatif

Menggunakan tanda tangan digital lebih aman dan terjamin keamanannya. Proses tanda tangannya pun dilindungi kerahasiaannya karena hanya melibatkan pemohon dan penandatangan. Selain itu, dokumen yang ditandatangani secara digital tidak mudah rusak atau hilang, sehingga tidak ada risiko penipuan dari pihak ketiga.

  • Menyederhanakan penerapan keputusan

Penggunaan tanda tangan digital dapat menyederhanakan proses di lingkungan kerja cepat. Mengeksekusi dokumen dengan penandatanganan cepat akan membuat proses persetujuan keputusan lebih cepat. Anda bisa langsung mengeksekusi proyek tanpa harus menunggu lama lagi.

Belajar Cara Mengeluarkan Tanda Tangan Digital

Anda tidak perlu khawatir tentang menggunakan tanda tangan digital, prosesnya sangat mudah. Ada banyak platform yang bisa Anda gunakan untuk membuat tanda tangan digital dengan informasi berikut.

1. Menggunakan Google Docs

Mengisi tanda tangan digital secara elektronik bisa dilakukan hanya dengan beberapa klik saja. Salah satu cara yang mudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan Scribble di Google Docs. Berikut adalah cara yang harus Anda ikuti:

– Buka dokumen melalui Google Docs

– Untuk menyisipkan gambar, silakan buka menu “Insert” dan pilih opsi “Drawing”. Kemudian klik tombol “New” untuk memulai.

– Pilih opsi “Scribble”.

– Untuk menambahkan tanda tangan Anda, klik “Save and Close”. Kemudian atur ukuran dan posisinya pada area yang tersedia.

2. Melalui PDF

Jika Anda menggunakan Adobe Acrobat Reader, maka Anda bisa melakukan tanda tangan dalam format PDF. Langkah-langkahnya yaitu:

– Buka dokumen menggunakan Adobe

– Pada toolbar di sebelah kanan layar, silahkan pilih opsi “Isi & Tanda Tangani”.

– Pilih opsi “Sign” diikuti oleh “Add Signature”.

– Dapatkan opsi dari salah satu tiga ini: “Type”, “Draw”, atau “Image”.

– Atur letak dan lokasi, lalu klik ‘File’ dan ‘Simpan’

3. Menggunakan Generator Tanda Tangan Digital

Menciptakan tanda tangan digital akhir-akhir ini terasa jauh lebih mudah. Sekarang sudah banyak sekali generator tanda tangan digital di internet, seperti SmallPDF, ILovePDF, Online Signature dan WiseStamp. Caranya pun mudah, anda hanya perlu mengikuti instruksi yang diberikan oleh aplikasi tersebut; mulai dari menggambar tanda tangan menggunakan mouse atau trackpad, hingga membuatnya dengan cara mengetikkan nama.

Mempertimbangkan untuk menggunakan tanda tangan digital untuk dokumen bisnis Anda? Tidak perlu khawatir, membuatnya adalah sesuatu yang mudah. Dengan menggunakan tanda tangan digital, Anda dapat meningkatkan efisiensi dan keamanan serta memastikan bahwa dokumen bisnis Anda sah secara hukum. Jadilah cerdas dalam memutuskan apa yang terbaik untuk bisnis Anda dengan mengikuti peraturan dan standar yang berlaku!

Singkirkan kerumitan dokumen dan tandatangani dokumen secara digital dengan mudah. Tanda tangan elektronik hadir untuk membuat hidup Anda lebih mudah, lebih aman, dan menghemat waktu Anda. Dengan tanda tangan elektronik, Anda dapat melindungi dokumen Anda dari akses tidak sah serta mendapat manfaat dari pengikatan & penerimaan hukum di sebagian besar negara. Mulailah merampingkan keamanan dokumen Anda hari ini dengan Tanda Tangan Elektronik!

SERTISIGN merupakan Penyedia Layanan Tanda tangan elektronik tersertifikasi di Indonesia diproteksi dengan teknologi enkripsi kelas tinggi yang membuatnya tidak dapat dipalsukan. Gunakan tanda tangan digital bersertifikat untuk transaksi online yang aman, cepat dan efisien.

SERTISIGN hadir dengan aplikasi yang sempurna. Selain memungkinkan Anda untuk tanda tangani dokumen secara elektronik, aplikasi ini juga menyediakan E-meterai, stempel digital dan visual QR Code dalam satu platform terpadu. Dapat diintegrasikan dengan sistem API, tersedia dalam versi web maupun mobile, disertai sistem penyimpanan cloud dan keamanan yang aman untuk melindungi anda dari cyber crime.

Jika Anda ingin konsultasi tentang Cara Membuat Tanda Tangan Digital untuk Bisnis, segera hubungi Kami PT. AGARA CIPTA MANDIRI Telp. 021-8043-0734

Email: crm@sertisign.id

WhatsApp Admin 1  +62811 8954 055

WhatsApp Admin 2  +62811 9564 055

3 thoughts on “Cara Membuat Tanda Tangan Digital untuk Bisnis”

  1. Pingback: Bisnis Tanda Tangan Digital Resmi di Era Digital

  2. Pingback: Bisnis Tanda Tangan Elektronik Tersertifikasi di Jakarta

  3. Pingback: Cara Mudah Tanda Tangan Digital di PDF Tanpa Aplikasi

Comments are closed.

× WhatsApp Kami Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday