Cara Membuat Tanda Tangan Digital di HP dengan Cepat

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang cara membuat tanda tangan digital di HP dengan cepat? Jika ya, Kami memiliki Informasi yang tepat untuk Anda.

Tanda Tangan di berbagai dokumen sudah lama bisa di lakukan secara online dan jarak jauh, khususnya di negara-negara maju. Di Indonesia sendiri bisa di katakan baru dimulai sekitar tahun 2018 dan penggunaan tanda tangan elektronik semakin meningkat pada masa Pandemi. Selama masa Pandemi covid-19 banyak perusahaan atau pemerintahan yang menerapkan bekerja dari rumah atau yang biasa kita sebut Work From Home. Dengan tanda tangan digital penandatangan dokumen bisa dilakukan dengan cepat, mudah, akurat, dan ramah lingkungan.

Untuk dapat melakukan tanda tangan digital ternyata Anda bisa juga membuatnya di HP atau Smartphone. Berikut kami akan memberikan panduan atau cara membuat tanda tangan digital di HP dengan cepat baik HP untuk sistem operasi Android, maupun iOS. Yuk kita simak bersama..!

Cara Membuat Tanda Tangan Digital di HP dengan Cepat
Cara Membuat Tanda Tangan Digital di HP dengan Cepat

Cara Membuat Tanda Tangan Digital di HP Android

Berikut beberapa cara membuat tanda tangan online di HP Android. Anda tinggal pilih salah satu cara yang menurut Anda paling cocok, diantaranya:

1. Menggunakan Platform Tanda Tangan Digital

  • Gunakan browser ponsel Anda untuk berkunjung ke website platform tanda tangan digital, sebagai contoh yaitu SERTISIGN.
  • Jika Anda sudah punya akun, cukup klik menu login. Namun jika Anda belum memiliki akun, cukup klik Jadwalkan Demo untuk membuatnya, atau klik sign up terlebih dahulu.
  • Jika sudah berhasil login atau register. Anda diwajibkan untuk melakukan e-kyc terelbih dahulu untuk menerbitkan sertifikat elektronik dari PSrE sebagai Penerbit.
  • Kemudian setelah berhasil penerbitan sertifikat elektronik, Anda akan diarahkan ke dashboard yang memuat berbagai fitur-fitur Platform Sign. Di sini, Anda bisa dengan cepat mengunggah dokumen yang perlu ditandatangani dengan mengklik tombol upload dokumen.
  • Untuk meng-upload dokumen dari HP Anda, silakan klik di upload dokumen yang tersedia dan kemudian klik “Next”.
  • Setelah itu, Anda harus mengisi informasi tentang orang-orang yang harus menandatangani dokumen. Tambahkan saja nama dan alamat email mereka di kolom yang tersedia, lalu pilih Type Needs to Sign.
  • Jika Anda ingin menjadi pihak yang ditandatangani, klik Add me as signer. Jika Anda ingin menambahkan pihak lain, pilih Add another Signer. Setelahnya, klik Next.
  • Setelah itu, Anda dapat mengatur tanda tangan untuk masing-masing pihak. Bisa berupa posisi, nama, tanggal, dan sebagainya. Caranya adalah dengan mengklik dan menggeser pilihan di bagian bawah dokumen Anda ke koordinat yang sesuai.
  • Setelah Anda mengatur semua pihak, klik Berikutnya untuk melanjutkan
  • Setelah memeriksa kembali nama pihak dan informasi surat elektronik yang dimasukkan, klik tombol Send Document untuk mengirim dokumen tersebut ke alamat e-mail yang telah dimasukkan. Dengan demikian, tugas Anda akan selesai!

2. Menggunakan Aplikasi Adobe Fill & Sign

  • Download Adobe Fill & Sign

Cara pertama membuat tanda tangan online di HP adalah dengan mendownload aplikasi Adobe Fill & Sign di Play Store Anda. Tenang, aplikasi ini gratis, kok.

  • Registrasi Adobe Fill & Sign

Setelah terinstall, langsung Anda buka saja aplikasi Adobe Fill & Sign. Lalu, lakukan Sign Up atau registrasi menggunakan akun pilihan Anda. Ikuti saja petunjuk yang disediakan.

  • Buat Tanda Tangan Anda

Bila registrasi berhasil, Anda akan dihadapkan pada tampilan seperti ini:

Selanjutnya, klik Pen Tools di kanan atas dan pilih Create Signature.

Anda akan dihadapkan pada halaman untuk membuat tanda tangan. Anda bisa langsung coba tulis saja tanda tangan menggunakan jari Anda. Bila sudah, klik Done di kanan atas untuk menyimpan tanda tangan digital di HP Anda.

  • Membubuhkan Tanda tangan di Dokumen

Bila Anda ingin menambahkan dokumen yang akan ditandangi, Anda klik saja ikon yang ada di tengah aplikasi.

Lalu, pilih format dokumen sesuai kebutuhan Anda. Bila format dokumen Anda PDF, maka pilih From PDF Files. Jika berupa gambar, pilih From the Photo Library. Bila Anda hendak memfoto dokumennya, Anda pilih Take a Picture.

Dokumen akan otomatis terbuka. Anda klik saja Pen Tools di bagian atas, dan pilih tanda tangan yang sudah Anda buat tadi.

  • Atur Posisi Tanda Tangan

Terakhir, Anda bisa mengatur posisi dan ukuran tanda tangan sesuai kebutuhan. Tinggal Anda geser-geser saja atau klik ikon ↔ yang disediakan. Selesai!

3. Menggunakan Aplikasi Adobe Acrobat Reader

  • Untuk memulai, Anda harus mengunduh dan menginstal aplikasi Adobe Acrobat Reader di toko aplikasi untuk membaca dokumen PDF.
  • Setelah selesai, buka dokumen PDF yang akan ditandatangani secara daring dengan Adobe Acrobat Reader.
  • Setelah dokumen terbuka, pilihlah bagian yang ingin digunakan untuk tanda tangan. Kemudian, pada menu yang muncul, pilih opsi Tanda Tangan.
  • Untuk menandatangani sesuatu, klik Edit yang memiliki ikon pulpen dan lalu tekan di area yang ingin Anda tandatangani.
  • Cukup buat tanda tangan elektronik Anda di area yang baru ditampilkan. Setelah itu, klik ikon centang di sebelah kiri untuk menambahkannya ke dokumen.
  • Regulasi lokasi tanda tangan Anda dengan cara mengkliknya. Anda dapat menyesuaikan posisi, ukuran, warna, dan banyak pilihan lainnya.
  • Ketika semuanya telah selesai, Anda dapat menyimpan dokumen yang telah Anda buat atau bahkan langsung mengirimkannya melalui email dengan klik Share.

Hayo, Buat Tanda Tangan di Browser HP Android Anda!

Itulah tutorial lengkap Cara Membuat Tanda Tangan Digital di HP dengan Cepat, baik untuk Android, dan yang lainnya. Bagaimana, ternyata Cara Membuat Tanda Tangan Digital di HP sangat mudah, kan? Anda hanya tinggal download aplikasinya, lalu mengikuti tutorial di atas. Selamat mencoba!

Jika Anda ingin konsultasi tentang Cara Membuat Tanda Tangan Digital di HP dengan Cepat, segera hubungi Kami PT. AGARA CIPTA MANDIRI Telp. 021-7815-328 / WA: 0811-8954-055.

SERTISIGN merupakan Penyedia Layanan Tanda tangan elektronik tersertifikasi di Indonesia diproteksi dengan teknologi enkripsi kelas tinggi yang membuatnya tidak dapat dipalsukan. Gunakan tanda tangan digital bersertifikat untuk transaksi online yang aman, cepat dan efisien.

Leave a Comment

EnglishIndonesian
× WhatsApp Kami Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday