Cara Mudah Mengamankan Identitas Digital di Indonesia

Dengan teknologi internet yang berkembang pesat saat ini, identitas digital menjadi ‘ladang emas’ untuk para pelaku kriminal siber. Tak heran jika mereka mencari keberadaan identitas digital di beberapa layanan digital di seluruh dunia.

Ilustrasi Mengamankan Identitas Digital

Pada bulan Mei 2020, grup penyerang berbahaya yang disebut ShinyHunters menembus data dan identitas dari salah satu toko online terbesar di Indonesia. Sebanyak 91 juta informasi pribadi bocor. Nilai data pengguna tersebut diperkirakan sebesar 5.000 dolar atau setara Rp 74,5 juta. Kasus serupa tentu saja bukan hanya terjadi di Indonesia saja, tetapi juga di berbagai belahan dunia lainnya.

Cyber crime semakin meningkat, sehingga Anda harus lebih aktif dalam melindungi identitas digital Anda. Berikut adalah 3 (Tiga) Cara Mudah Mengamankan Identitas Digital yang bisa Anda lakukan untuk mengamankan identitas digital Anda.

  1. Menggunakan Identitas Digital Lebih banyak
  2. Sampaikan Data kepada Pihak yang Benar
  3. Menggunakan Tanda Tangan Digital yang Diverifikasi

Keterangan:

Menggunakan Identitas Digital Lebih banyak

Cara termudah untuk melindungi identitas digital Anda adalah dengan membuat beberapa identitas digital dengan tujuan yang berbeda-beda. Dengan memiliki koleksi identitas digital yang berdiri sendiri, Anda dapat mengelola informasi penting dengan aman dan mudah. Contoh beberapa jenis identitas digital:

  • Identitas digital adalah penting untuk aplikasi resmi, termasuk yang berhubungan dengan keuangan, perbankan, atau pemerintah. Jadi pastikan Anda tidak menyebarkan tautan tersebut melalui media sosial. Begitu juga dengan email yang dikirim oleh organisasi terpercaya jika Anda merasa bahwa informasinya tidak penting.
  • Identitas digital tambahan. Ini adalah identitas yang bisa Anda gunakan untuk berbagai macam tujuan, seperti layanan internet, telepon seluler, TV kabel, dan lainnya – terpisah dari identitas utama.
  • Selanjutnya adalah identitas digital untuk media sosial. Identitas ini akan memudahkan Anda untuk membuat atau mengakses media sosial dengan hanya menggunakan email. Dengan begitu, Anda dapat dengan cepat dan mudah mengakses berbagai layanan yang ditawarkan oleh media sosial.

Sampaikan Data kepada Pihak yang Benar

Anda harus berhati-hati saat memberikan data dan identitas digital penting kepada siapa pun di internet. Walaupun Anda merasa pihak tersebut dapat dipercaya, mengambil langkah seperti ini bisa sangat berbahaya. Oleh karena itu pastikan untuk berhati-hati dan melakukan pengecekan sebelum memberikan data yang sensitif.

Hal ini tidak berarti Anda harus mencurigai perusahaan atau penyedia yang Anda gunakan, tetapi memastikan bahwa mereka dapat diandalkan dan dapat dipercaya. Jadi pastikan untuk berhati-hati dan teliti saat memilih penyedia layanan untuk Anda gunakan.

Bila Anda memang harus menyerahkan data pribadi, pastikan data tersebut diberikan kepada lembaga yang dapat dipercaya untuk konteks yang tepat. Contoh pentingnya adalah proses pendataan penduduk, sensus, dan lainnya yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Selain itu, Anda juga harus memahami hak akses atau sertifikasi penyimpanan data identitas yang diproses oleh perusahaan. Peraturan ini bertujuan agar data berada di tangan yang tepat dan disimpan dengan protokol keamanan yang ketat.

Menggunakan Tanda Tangan Digital yang Diverifikasi

Cara lain yang dapat Anda aplikasikan agar identitas digital Anda diselamatkan ialah dengan memanfaatkan tanda tangan digital. Tanda tangan digital sangat populer diantara seseorang dalam mengamankan dokumen dan identitas digitalnya dalam suatu dunia usaha saat ini.

Tanda tangan digital digunakan dalam mengamankan identitas digital. Ada dua jenis tanda tangan yang umum, yakni :

  1. Tanda Tangan Basic
  2. Tanda Tangan Advanced dan Qualified.

Tanda tangan digital jenis basic telah mengimplementasikan sistem kriptografi asimetris. Namun, tidak ada verifikasi identitas pada pengguna yang optimal. Selain itu, proses otentikasi dua langkah juga tidak dilalui sehingga tanda tangan ini lemah secara hukum meskipun memiliki enkripsi yang baik.

Tanda Tangan Advanced and qualified adalah tanda tangan yang sangat berguna dan dapat diandalkan. Sebagai tanda tangan digital, ia memiliki kekuatan hukum yang sama dengan tanda tangan basah pada kertas. Ini juga sudah dilengkapi dengan kriptografi asimetris dan infrastruktur public key untuk menjamin keamanannya. Layanan penyedia tanda tangan advanced and qualified juga harus menerapkan proses otentikasi dua langkah guna melindungi privasi para penggunanya.

Bagi yang butuh layanan tanda tangan digital di Indonesia, SERTISIGN.id bisa menjadi pilihan. Layanan ini adalah jenis advanced and qualified yang bisa melindungi data digital Anda. Selain itu, fitur otentikasi pemindaian wajahnya juga dilengkapi dengan UI Wireframe yang terstandarisasi.

Untuk memastikan keamanan tanda tangan digital Anda, pastikan untuk menggunakan fitur remote server yang dipercaya. Anda juga bisa menerapkan otentikasi berbasis Certificate Verification Value (CVV) dan OTP untuk lebih meningkatkan pengamanan. Dengan begitu, tanda tangan digital Anda akan jauh lebih aman.

Jadi demikianlah cara mudah mengamankan identitas digital Anda. Lakukan langkah-langkah yang disebutkan di sini untuk meminimalisir risiko dari pencurian data, dan selamat mencoba. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda semua.

Kami dari SERTISIGN sebagai salah satu Penyelenggara Sistem Elektronik dapat membantu Anda dalam pengamanan identitas digital Anda dan data penting perusahaan dengan aman, nyaman, dan optimal. Jika Anda ingin konsultasi tentang Bagaimana Cara Mengamankan identitas digital dan data Anda segera hubungi Kami PT. AGARA CIPTA MANDIRI Telp. 021-7815-328 / WA: 0811-8954-055.

Office TCASTSMS Penyedia Jasa Pengamanan identitas digital

Leave a Comment

EnglishIndonesian
× WhatsApp Kami Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday